Find Us On Facebook

Thursday, May 9, 2019

PELAKSANAAN USBN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno mengatakan, sebelumnya pada tahun 2017 ada dua jenis ujian di jenjang SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), yaitu US/M dan Ujian Sekolah. Kemudian tahun 2018 berubah menjadi USBN dan Ujian Sekolah. Tiga mata pelajaran yang diujikan dalam USBN adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dan 5 mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Keterampilan, dan Penjaskes dan Olahraga.

Dengan perubahan format ujian dari US/M menjadi USBN, maka berubah pula pola pembuatan naskah soal ujian. Sebelumnya, pada US/M, sebanyak 25% persen soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar atau anchor, dan 75% soal disiapkan oleh guru dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama. Sekarang pada USBN, sebesar 20-25% soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar (anchor), dan 75-80% disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG).

Alhamdulillah pelaksanaan USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 UPTD SD Negeri 1 Kedokan Bunder Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu berjalan dengan lancar yang telah diselenggarakan pada tanggal 22-24 April 2019.

Pelaksanaan USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 UPTD SD Negeri 1 Kedokan Bunder Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu diikuti oleh 74 peserta ujian (35 peserta laki-laki dan 39 peserta perempuan) yang terbagi dalam 4 ruang ujian. Delapan pengawas ruang ujian dari UPTD SD Negeri 1 Kedokanbunder Wetan. Dan 10 pegawai UPTD SD Negeri 1 Kedokan Bunder sebagai tim POKJA.

  
  

Kami mengucapkan terimakasih kepada tim monitoring dari tingkat KWKBP Kedokanbunder dan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu yang sudah berkenan meninjau langsung pada hari pertama serta tim POKJA yang selalu semangat bekerja keras dalam menyukseskan pelaksanaan USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 di sekolah kami, UPTD SD Negeri 1 Kedokan Bunder Kecamatan Kedokanbunder kabupaten Indramayu.